Jumat, 01 Mei 2015 - 12:46:17 WIB
Sosialisasi Bidang Pensiun, Klaim Otomaits PT. TASPEN dan e-PUPNS
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Kanreg - Dibaca: 5248 kali


Jayapura, Kantor Regional IX BKN Jayapura mengundang seluruh pengelola kepegawaian di wilayah kerja Kanreg IX BKN Jayapura dalam rangka menghadiri Sosialisasi Bidang Pensiun, Klaim Otomatis PT. TASPEN dan e-PUPNS (24/4). Acara berlangsung di Aula Cenderawasih Kanreg IX BKN Jayapura dan dihadiri sebanyak 60 orang peserta dari 30 Kabupaten/Kota.

Sosialisasi ini diselenggarakan atas kerja sama PT. TASPEN dengan Kantor Regional IX BKN Jayapura. Acara dibuka oleh Direktur Pensiun PNS dan Pejabat Negara BKN Bapak I Nengah Priadi dan turut hadir Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian BKN Pusat dan Bapak Kartiman Slamet  Plt Manajer Utama Div Layanan & Manfaat PT Taspen

Pada kesempatan ini Direktur Pensiun PNS dan Pejabat Negara BKN menyampaikan tentang :

  1. KEPRES NO.53 Tahun 2014 tentang pemberian Kuasa kepada Kepala BKN untuk atas nama Presiden Menetapkan Kenaikan Pangkat, Pemberhentian dan Pemberian Pensiun bagi PNS yang berpangkat Pembina Utama Muda Golongan Ruang IV/c keatas selain Pimpinan Tinggi Utama dan Madya serta Pejabat Fungsional Keahlian Utama.
  2. Dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat kepada semua PNS (baik Gol Ru IV/c ke atas maupun Gol Ru IV/b ke bawah) yg akan memasuki BUP, PT TASPEN  akan membayarkan uang Pensiun dan uang THT secara otomatis dimana biro kepegawaian membuat Data  Perorangan Calon Pensiun (DPCP) yang akan mencapai BUP satu tahun sebelumya.
  3. Sebelum dikeluarkan DPCP dilakukan Rekonsiliasi Data Kepegawaian dengan Badan Kepegawaian Daerah/Instansi terkait.
  4. Formulir Permintaan Pembayaran (FPP) PT TASPEN (PERSERO) disertakan dalam Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) yang harus diisi dan ditandatangani bersamaan dengan DPCP.
  5. Penjelasan mengenai dasar pemberhentian dengan atau tidak dengan hormat tidak atas permintaan sendiri bagi pegawai negeri sipil yang melakukan pelanggaran tingkat berat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian BKN Pusat beserta TIM juga menyampaikan Mekanisme proses e-PUPNS yang direncanakan akan dimulai sekitar bulan Juni tahun 2015

Dengan dilaksanakannya Sosialisasi ini diharapkan agar seluruh pengelola kepegawaian yang hadir mampu memanfaatkan waktu untuk memahami teknis pengelolaan dan proses pensiun dan mekanisme proses pendataan ulang PNS atau e-PUPNS (Rizal)

Unduh : Materi Rakornis


 

 

 

 



Copyright © 2015 by Kanreg IX BKN Jayapura All rights reserved.