Kamis, 27 Juli 2017 - 10:01:18 WIB
Talentpool diselenggarakan di Kanreg IX BKN Jayapura
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Kanreg - Dibaca: 228 kali

Jayapura, Kanreg IX BKN Jayapura selenggarakan kegiatan penilaian potensi dan kompetensi dalam rangka penyusunan Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan Administrator di lingkungan wilayah kerja Kantor Regional IX BKN Jayapura berlangsung selama 4 hari dari tanggal 18 s.d 21 Juli 2017 yang dibuka secara langsung oleh Kepala Pusat Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara Dr. Purwanto, MM (21/7)

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan penilaian kompetensi dan pemetaan potensi JPT dan Administrator merupakan salah satu program strategis BKN untuk mengumpulkan data profil kompetensi dari kader-kader birokrat. Hasil penilaian kompetensi ini sebagai talent pool atau pemetaan yang akan bermanfaat sebagai bahan rekomendasi untuk mengikuti seleksi jabatan yang lebih tinggi untuk sistem kaderisasi penempatan calon pejabat di daerah.

Talent pool sendiri sebenarnya bertujuan untuk mendapatkan kelompok kandidat yang memenuhi persyaratan jabatan dan memiliki minat mengisi posisi JPT di suatu birokrasi dalam rangka menjamin ketersediaan dan keberlangsungan penyelenggara fungsi pemerintah dan Negara. Prinsip dari Talent Pool adalah objektif, akuntabel, dan independen, serta berbasis Sistem Merit. Talent Pool sangat bermanfaat sebagai awal penyediaan database profil kompetensi calon dan pejabat tinggi ASN dan untuk pengisian JPT yang lowong di kemudian hari.

Kegiatan Talent Pool di Kanreg IX BKN diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari 3 Pejabat JPT dan 72 Pejabat Administrator sewilayah kerja Kanreg IX BKN dan terdapat 8 Assesor untuk melakukan tes psikometri, tes analisis kasus, tes kognitif, Locus Group Discussion, dan wawancara. (Syamsul)



Copyright © 2015 by Kanreg IX BKN Jayapura All rights reserved.